Global STEM Education Workshop Oleh Program Studi Pendidikan IPA

Posted on

Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa menggelar Global STEM Education Workshop 5-14 Agustus 2023 di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Sindangsari. Kegiatan Workshop mengundang narasumber dari 3 benua secara luring dan daring. Narasumber yang diundang yaitu Assoc. Prof. Chatree Faikhamta, Ph.D. (Kasetsart University Thailand), Assoc. Prof. Samia Khan, Ed.D. (University of British Columbia, Canada), Assoc. Prof. Nguyen Van Bien (Hanoi National University of Education, Vietnam), Ph.D. Prof. William J. Triplett, Ph.D. (University of Maryland, United States) dan Assoc. Prof. Lindelani E. Mnguni, Ph.D. (University of Witwatersrand, South Africa)

Global STEM Education Workshop terdiri dari tiga subkegiatan didalamnya. Subkegiatan pertama yang dilaksanakan pada 5-6 Agustus 2023 yaitu Peningkatan Kapasitas Dosen dalam Menerapkan Kurikulum Pendidikan IPA yang Berorientasi Pendidikan STEM yang dihadiri oleh 25 orang dosen dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa secara luring dan 138 peserta secara daring. Narasumber pada subkegiatan Peningkatan Kapasitas Dosen dalam Menerapkan Kurikulum Pendidikan IPA yang Berorientasi Pendidikan STEM yaitu Assoc. Prof. Chatree Faikhamta, Ph.D. (Kasetsart University Thailand) secara luring, Assoc. Prof. Nguyen Van Bien (Hanoi National University of Education, Vietnam), dan Assoc. Prof. Lindelani E. Mnguni, Ph.D. (University of Witwatersrand, South Africa) yang dilaksanakan secara daring.

Subkegiatan yang kedua yang dilaksanakan pada 11 Agustus 2023 adalah Revitalisasi Kurikulum Program Studi Pendidikan IPA yang Berorientasi Pendidikan STEM yang dihadiri oleh 100 peserta secara luring dan 147 peserta secara daring. Narasumber pada subkegiatan Revitalisasi Kurikulum Program Studi Pendidikan IPA yang Berorientasi Pendidikan STEM yaitu Assoc. Prof. Chatree Faikhamta, Ph.D. (Kasetsart University Thailand) secara luring dan Assoc. Prof. Samia Khan, Ed.D. (University of British Columbia, Canada) yang dilaksanakan secara daring.

Subkegiatan yang kedua yang dilaksanakan pada 14 Agustus 2023  adalah Peningkatan Kapasitas Mahasiswa dalam Menerapkan Kurikulum Pendidikan IPA yang Berorientasi Pendidikan STEM yang dihadiri 50 mahasiswa secara luring dan 80 mahasiswa secara daring. Narasumber pada subkegiatan Revitalisasi Kurikulum Program Studi Pendidikan IPA yang Berorientasi Pendidikan STEM yaitu Assoc. Prof. Chatree Faikhamta, Ph.D. (Kasetsart University Thailand) secara luring dan Ph.D. Prof. William J. Triplett, Ph.D. (University of Maryland, United States) yang dilaksanakan secara daring.

Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa berharap kegiatan Global STEM Education Workshop dapat memberikan banyak manfaat terutama dalam inovasi-inovasi pembelajaran STEM di Indonesia serta dapat menginspirasi berbagai pihak dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran berbasis STEM.